20 January 2013

Tutorial Cara Membuat Kartu Nama Yang Siap Untuk Dicetak.

1. Desainlah kartu nama yang siap untuk dicetak.seleksi semuanya dengan memilih “group” agar   tidak lepas semua objek yang ada  didalamnya.

 


 2.    Kemudian buatlah sebuah kotak kecil yang kira – kira ukurannya 0.0461 cm dan semua
sisinya sama besar dengan cara saat membuat kotak tersebut tekan dan tahan “Ctrl”




 3.    Kemudian dimenu tool pilihlah “shape tool” dengan catatan kotak kecil yang kita buat tadi kita  diseleksi dulu dengan memilih “pick tool” atau cukup dengan mengklik kiri mouse kita saja juga bisa.


4.    Disetiap sudut akan muncul sebuah titik dikotak tersebut,pilihlah salah satu titik tesebut kita klik kanan kemudian ada pilihan pilih “convert to curves” kemudian pilih pilihan tsb.

5.    Tahap ini hampir sama dengan tahap diatas Cuma pilihannya saja yang berbeda.
Klik kanan salah satu titik/panah tersebut lagi kemudian pilih “ break apart”

6.    Hasilnya akan jadi seperti dibawah ini




7.    Kemudian masih dalam kondisi objeknya yang terseleksi klik panahnya sekali lagi Hingga jadi seperti ini



8.    Setelah jadi seperti gambar diatas lengketkan garis tersebut dengan setiap sudut kartu nama yang sudah kita desain tadi.yang harus diperhatikan garis dan kartu nama harus benar-benar sama tinggi.dengan cara seleksi “garis” terlebih dahulu kemudian baru seleksi “kartu nama” (tahan SHIFT+garis+kartu nama kemudian huruf “T” dikeyboard Kemudian tekan huruf “L” dikeyboard. Hasilnya akan jadi seperti ini.


9.    Copy kan garis tersebut kemudian buatlah rata disebelah kanan juga.untuk membalikannya gunakan saja fasilitas “mirror horizontally” Kalau disebelah kanan sama dengan cara yang ada diatas Cuma tombol yang ditekan setelah objek dan garis terseleksi tekan “R” di keyboard

10.Setelah kedua garis kiri dan kanan terbentuk dan sejajar di objek,seleksi kedua garis tersebut kemudian klik kanan dan pilih “group”

11.    Copy kan garis tersebut dibawah objek dengan cara tekan “ctrl” seret garis tersebut kebawah dan pilih fasilitas “mirror vertically” setelah itu baru seleksi garis dan objek kartu nama tsb tapi ingat seleksilah garis duluan yang bertujuan agar garis tersebut mengikuti objek kartu nama kemudian tekan “B” dikeyboard.hasilnya akan seperti ini:

12.    Seleksi semua objek diatas kemudian di “group”.
13.    Setelah itu carilah di menu bar,arrange-transformation-position


14.kemudian itu muncul opsi bar disebelah kanan window.centang lah arah kekanan ditengah pilih “apply to duplicate”.panah tersebut bertujuan untuk menentukan arah kemana objek tersebut diduplicate.





15.    Seleksi semua objek yang sudah ditransformasi/diduplikat tadi kemudian di “group” setelah itu tekan “p” di keyboard ini bertujuan agar objek masuk ditengah tengah kertas.setelah semua cara diatas selesai aturlah ukuran kertas,kartu nama pun siap utk dicetak


MENGAPA HARUS MEMBUAT GARIS SAAT PENCETAKAN KARTU NAMA??
INI BERTUJUAN AGAR KARTU NAMA YANG SAAT SUDAH SELESAI DICETAK MELALUI MESIN PRINTER ATAU MESIN OFFSET PERCETAKAN GAMPANG SAAT MEMOTONGNYA.HANYA DENGAN CARA MEMOTONG DENGAN MENGIKUTI GARIS – GARIS YANG SUDAH ADA TERSEBUT DAN DIJAMIN HASIL PEMOTONGAN RAPI.

No comments:

Post a Comment

Koneksi Database Access ke Visual Basic 6.0

1. Sebelumnya kita telah mempunyai database sederhana, disini saya telah menyiapkan database tentang Data Mahasiswa, Mata Kuliah, dan Nilai....